DPR Minta Pemerintah Belikan Smartphone dan Kuota Internet untuk Siswa Sekolah

Ilustrasi

JAKARTA  - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Pemerintah membelikan smartphone dan kuota internet untuk kebutuhan belajar online bagi orang tua siswa yang tak mampu, melalui subsidi dari dana pendidikan.

"Pemerintah melalui subsidi dari dana pendidikan, sekitarnya dapat membelikan smartphone dan kuota internet untuk anak sekolah bagi orang tuanya yang tidak mampu," kata Politisi Gerindra itu, Ahad (26/7/2020).

Hal itu disampaikannya, menanggapi peristiwa yang dialami Dimas Ibnu siswa SMP di Rembang, Jawa Tengah. Dimana Dimas terpaksa harus datang ke sekolah untuk belajar sendirian karena tak memiliki smartphone. Padahal, kondisi pandemi mengharuskan siswa untuk belajar dari rumah.

"Banyak Dimas-Dimas lain di luar sana yang tidak terekspos media, yang punya keinginan belajar tapi orangtuanya tidak mampu membeli smartphone dan kuota. Maka, khusus untuk orangtua yang tidak mampu," lanjutnya.

Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan, sekarang sudah banyak smartphone dijual dengan harga yang murah. Dengan harga smartphone Rp 1 juta, misalnya, pemerintah bisa mensubsidi orangtua siswa sebesar 50 persen untuk pembelian ponsel tersebut. Sisanya, 50 persen dicicil oleh orangtua selama 1 hingga 2 tahun melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Untuk menunjang aktivitas belajar, pemerintah juga diminta membuat jaringan internet khusus bagi para siswa. Dalam jaringan internet itu, setiap siswa diberi ID khusus untuk login atau masuk ke aplikasi belajar online. Internet pun dirancang hanya untuk terkoneksi ke aplikasi tersebut.

Dengan begitu, kata Dasco, orangtua tidak harus membeli kuota, tapi proses belajar mengajar tetap bisa terlaksana. "Apalagi sekarang belajar online berjam-jam bukan hanya satu jam, maka akan semakin berat beban orangtua," katanya.

Dasco menyarankan pemerintah untuk tak memberikan uang atau kuota bagi para siswa belajar online dari rumah. Sebab, pemberian uang atau kuota bisa digunakan untuk mengakses kegiatan di luar belajar mengajar seperti game atau YouTube.

"Makanya saya sarankan dari awal, berikan ID, ID itu untuk masuk pada aplikasi khusus belajar online. Internet terkoneksi khusus hanya untuk aplikasi tersebut," jelasnya.

Ia yakin jika hal-hal tersebut bisa direalisasikan pemerintah, para siswa tetap dapat belajar online tanpa membebani orangtua mereka.

Seperti diketahui, Dimas Ibnu karena keadaan ekonomi keluarga yang sulit mengharuskan ia berangkat ke sekolah di SMPN 1 Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Ia terpaksa belajar tatap langsung dengan gurunya meski hanya sendirian.

Siswa kelas VII itu terpaksa mengikuti pelajaran di kelas saat teman-temannya belajar lewat daring menggunakan smartphone karena ia tak punya ponsel.**






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar