BC Dumai Amankan Ratusan HP Seludupan Asal Batam

Ilustrasi

INDOVIZKA.COM - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B mengamankan lima kardus berisikan ratusan telepon pintar (smartphone) dari berbagai merek asal Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pengamanan selundupan ratusan ponsel itu berasal dari kapal cepat milik Batam Jet 2 melalui Pelabuhan Bandar Sri Junjungan (BSJ) Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Selatan, pada 16 Desember 2019 lalu.

Kejadian ini berawal dari informasi masyarakat serta analisa sarana pengangkut dan analisa penampung. Saat pemeriksaan awal ditemukan tiga kardus yang disembunyikan bukan di tempat barang bawaan penumpang atau kargo.

Kemudian petugas melakukan interogasi kepada seluruh anak buah kapal (ABK). Alhasil ditemukan dua kardus lagi. Sehingga ditotalkan lima kardus tanpa dokumen resmi sehingga diamankan petugas BC Dumai.

Hal ini dibenarkan Kasi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI), Gatot Kuncor pada keterangan resminya kepada wartawan, Jumat (27/12/2019).

"Namun saat ditanya kepada para ABK, satupun tidak ada yang mengaku pemiliknya siapa termasuk yang memasukkan barang bukti ke kapal. Kemudian terperiksa (salah seorang ABK) berserta barang hasil penindakan dibawa ke kantor BC untuk proses lebih lanjut,"ujarnya.

Ia merincikan lima kardus yang berisikan smartphone tersebut, di antaranya iPhone 60 unit fullset dan 20 unit batangan, kemudian 33 unit android fullset.

"Kita lakukan penindakan dikarenakan barang tersebut tak dilindungi dengan dokumen manifes maupun dokumen pabean sebagaimana dipersyaratkan atas barang bawaan,"terang dia.

Ia juga mengungkapkan ABK yang mereka amankan berinisial M. "Sesuai hasil proses penyidikan, dan tersangka (M) kita titipkan di Rutan Dumai,"ungkap Gatot lagi.

Di lain kesempatan Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Kelas II B Dumai, Aldino Oktalaperta juga mengaku penitipan seorang ABK yang diamankan pihak BC.

"Benar, bahkan sampai hari ini masih ditahan karena belum di-P21 (pemberitahuan jika hasil penyidikan sudah lengkap),"jelasnya.

Sementara Management Ferry Batam Jet bum bisa memberikan keterangannya mengenai penahanan seorang ABK dan penyelundupan ratusan smartphone itu.(Kll)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar