BBM Langka di Pulau Bengkalis, Bagus: Perusahaan Jangan Bermain-main!

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso sidak ke sejumlah SPBU.

BENGKALIS (INDOVIZKA) - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso langsung menggelar rapat terbatas di Disdagperin Bengkalis bersama pengusaha SPBU menyikapi kelangkaan BBM jenis Premium dan Pertalite di Pulau Bengkalis, Rabu (14/4/2021).

Dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso langsung meminta komitmen pengusaha SPBU untuk mengatasi kelangkaan BBM.

Terhadap kelangkaan BBM tersebut, Bagus Santoso langsung menanyakan satu per satu ke setiap perwakilan SPBU. Seperti SPBU BUMD PT BLJ, melalui perwakilannya Karyoto mengatakan pihaknya sempat terkendala dengan transportasi dimana dari sebelumnya 4 mobil tanki yang beroperasi, sekarang tinggal 3 mobil karena 1 lagi mengalami kerusakan.

Di samping itu, sempat terjadi kerusakan pada pompa BBM dan baru tadi malam bisa berfungsi. SPBU PT BLJ ini mendapat jatah premium sebanyak 300 KL dan solar 50 KL.

Hampir senada disampaikan oleh perwakilan SPBU Nurwati, Edi. Pihaknya juga melaporkan kendala terjadi pada transportasi karena dari 5 mobil tanki yang beroperasi, sekarang tinggal 3 mobil. Dua mobil lagi masih ditahan di Polda karena kasus hukum. Sementara selain melayani masyarakat, pihaknya juga harus mensuplai kebutuhan BBM untuk roro.

SPBU lainnya, dari Surya Abadi Utama awalnya beralasan karena mobil tanki sedang dicat. Namun, setelah mobil selesai dicat, alasan lain terjadi antrian di depot Pertamina Dumai.

Berbeda dengan SPBU sebelumnya, SPBU milik Hendri Sukamto Halim melalui perwakilannya mengaku tidak ada kendala sama sekali dan penebusan DO tetap lancar. Dalam kondisi normal, BBM yang dipasok oleh SPBU Hendri Sukamto Halim baik yang di Desa Teluk Latak maupun di Desa Selatbaru cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, karena terjadi kelangkaan BBM, maka BBM di SPBU milik Hendri Sukamto Halim ini juga tidak mencukupi.

Setelah menerima laporan dari masing-masing SPBU, Bagus Santoso menegaskan seharusnya pihak perusahaan tidak menjadikan persoalan mobil tanki sebagai kendala dalam menjaga ketersediaan BBM. Sebagai perusahaan, seharusnya kendala-kendala seperti itu sudah dipikirkan jalan keluarnya, karena ini menyangkut hajat hidup masyarakat banyak.

Tanpa basa-basi, dalam kesempatan tersebut, Bagus Santoso menantang seluruh SPBU untuk komitmen memasok BBM secara normal. “Itu masalah transportasi bisa kan dicarikan solusinya,” tanya Bagus dan di-iya-kan oleh masing-masing SPBU.

Bagus memastikan hari ini, BBM di Bengkalis akan kembali normal. Ia berharap, pengusaha SPBU berkomitmen dan tidak bermain-main dalam penyaluran BBM.

"Insya Allah tidak akan terjadi lagi. Insya Allah hari ini minimal malam atau besok pagi sudah tersedia. Kami ingatkan perusahaan jangan sampai bermain-main apalagi cari keuntungan di pandemi Covid, sudahlah harga kebutuhan seperti ini, jangan bermain-main," pungkasnya.

Usai rapat, Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso didampingi Kepala Disdagperin Indra Gunawan langsung sidak ke sejumlah SPBU.






Tulis Komentar