Pesan Ketua MCCC kepada Masyarakat untuk Cegah Penyebaran Varian Omicron


JAKARTA (INDOVIZKA) - Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Mohammad Agus Samsudin mengingatkan potensi bahaya masuknya varian Omicron. Agus meminta agar semua pihak untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Agus menuturkan bahwa penyebaran varian Omicron diketahui telah menyebar hingga ke negara tetangga Indonesia. Hal ini disebut Agus perlu peningkatan kewaspadaan dari semua pihak.

Agus mengingatkan pemerintah perlu memperketat pintu masuk negara. Selain itu surveilans genomik pun mesti ditingkatkan. Hal ini karena menurut para pengamat, varian ini tiga kali lebih mungkin memicu infeksi ulang dibandingkan dengan varian Delta atau Beta.

“Pertama jangan panik, pemerintah sudah membuat kebijakan untuk menahan Omicron supaya tidak masuk. Kita semua harus taat protokol kesehatan," ucap Agus dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/12).

"Kalau kita selalu disiplin, InsyaAllah kita akan segera bebas dari ancaman wabah ini. dan jangan lupa, tetap jaga makanan yang bergizi dan rajin olahraga,” sambung Agus.

Agus menerangkan bahwa saat ini di Indonesia penurunan angka positivity rate secara nasional maupun tingkat kesembuhan pasien Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir tergolong tinggi.

Agus membeberkan bahwa turunnya jumlah kasus dan tingginya angka kesembuhan pasien ini tak lepas dari kerja tenaga kesehatan dan relawan dalam merawat para pasien.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu MCCC, khususnya dalam penurunan kasus Covid-19. Sehingga kita bisa melihat atas kerjasama pula dengan pemerintah sekarang angka yang positif terus mengalami penurunan,” papar Agus.

Agus menambahkan meski angka indikator penanganan Covid-19 di Indonesia terus menunjukkan perbaikan, disiplin protokol kesehatan seperti jaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan segera vaksinasi harus dilakukan dengan ketat oleh masyarakat.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar