Ibu-Ibu di Meranti Minta Alat Pemecah Pinang ke Ketua Komisi I DPRD Riau

Ketua Komisi I DPRD Riau Eddy Mohd Yatim.

INDOVIZKA.COM - Masa reses anggota DPRD Riau ke daerah pemilihan masing-masing masih berlangsung. Kaum ibu-ibu di Kepulauan Meranti mengadu meminta alat pemecah pinang saat reses Eddy A Mohd Yatim.

Eddy Yatim yang juga Ketua Komisi I DPRD Riau menyebut, di daerah pemilihannya itu, kaum ibu-ibu mengais rezeki dengan menjual pinang. Saat ini, warga di sana masih menggunakan alat sederhana untuk memecah dan memotong pinang.

Ia mengatakan pekerjaan itu, merupakan income tambahan belanja dapur. Kata Eddy, warga di daerah itu sudah berinisiatif membeli alat secara online, namun mudah patah.

Ia juga bercerita, warga di sana meminta perhatian pemerintah, dengan memberikan hibah alat. Dengan begitu, ratusan kilogram pinang, bisa dihasilkan dan siap jual.

Melihat kondisi itu, Eddy menuturkan, harusnya fenomena ini dapat disikapi oleh sejumlah OPD yang ada di Provinsi Riau, apakah itu Dinas Koperasi dan UMKM UPT besi, atau Disnaker Provinsi Riau bahkan Bapeda, dengan menghasilkan produk-produk inovasi daerah.

“Sebagai pemerintah daerah, harusnya, kita hadir di tengah-tengah persoalan masyarakat, sehingga ada solusinya. Saya lihat tadi, alatnya cukup sederhana, tinggal lagi Bapeda mengarahkan salah satu UPT nya untuk membuat prototipe, sehingga ke depan bisa dibuat secara masal, dan dijual dengan harga subsidi,” kata Eddy A Mohd Yatim, Sabtu (11/03/2023).

Lanjut dia, dengan adanya tambahan penghasilan itu, banyak warga yang tetap melaut ketimbang harus merantau ke Malaysia. Sejak kejadian Covid-19 lalu, warga masih mikir, jika harus bekerja ke Malaysia.

"Dengan adanya tambahan ini, untuk memecah dan memotong pinang ini, dapatlah tambahan," pungkasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar