Bupati Kuansing Launching Pupuk Organik Bumdes Desa Luai


KUANSING - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si launching pupuk organik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Luai, Kecamatan Kuantan Mudik, Rabu (11/3/2020).

Bupati Kuansing, H. Mursini, menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Luai, terutama terhadap pengurus Bumdes, karena upayanya dalam menciptakan usaha yang memiliki nilai jual.

"Bumdes yang dibuat masyarakat Luai ini, patut kita apresiasi, karena bisa menjadi pemasukan bagi desa," ungkap Bupati dalam acara launching Bumdes Luai, Rabu (11/3/2020).

Bumdes baru berdiri ini, kata Bupati, terbilang handal dalam pengelolaannya, sebab bisa menghasilkan pupuk organik sekitar 70 ton dalam rentang waktu 3 minggu.

"Meski baru, tapi sudah menghasilkan pupuk sekitar 70 ton, ini sangat luar biasa," kata Bupati.

Kepada pengurus Bumdes, Bupati berpesan untuk mempertahankan usaha pupuk organik ini, untuk itu ia minta pengurus selalu menjaga kekompakan begitu juga dengan masyarakat.

"Kalau perlu hasil produksinya terus ditingkatkan," ucap Bupati berpesan.

Untuk itu, ia minta masyarakat Luai, mengumpulkan kotoran sapi maupun  kerbau. Kemudian ia juga menyarankan agar buatkan penampung urine ternak, sebagai bahan dasar pupuk organik.

"Sekarang pupuk organik telah memiliki nilai jual, dalam satuan kilonya berkisar sekitar 1500 rupiah. Maka dari itu manfaatkan pupuk organik ini untuk menambah penghasilan keluarga," kata Bupati.

Kemudian secara terpisah, Ketua Bumdes Luai, Andri, menyebutkan Bumdes yang mereka miliki sekarang, tak terlepas dari binaan Dinas Pertanian Kabupaten Kuantan Singingi, kedepannya pihaknya tetap berharap bantuan maupun binaan dari Pemerintah, terutama dari Bupati sendiri.

"Kami masyarakat Luai, tetap berharap dukungan semua pihak terutama kepada Bupati dengan program - program khusus yang akan diwujudkan kepada masyarakat," harapnya.

Diakui Andri, sejauh ini dalam waktu 3 minggu, Bumdes yang mereka miliki ini, telah memproduksi sekitar 70 pupuk organik ke depanya mereka akan berupaya meningkatkan produksi.

Sementara, Kadis Pertanian Kuansing, Ir. Emerson, menyebutkan pupuk organik yang dimiliki desa Luai, saat ini sudah bisa memenuhi kebutuhan di Desa Luai.

"Dengan hadirnya pupuk organik ini, semoga dapat meningkatkan hasil panen padi petani, dari 4 ton biasanya, diharapakan bisa menjadi 7 ton untuk tiap hektarnya," kata Emerson.

Emerson, juga menyebutkan untuk pupuk organik Bumdes Luai ini, sekarang tengah dilakukan pengujian di labor Pekanbaru, tinggal lagi menunggu hasil.

"Apakah hasilnya akan cocok untuk semua jenis tanaman. Jika cocok, maka pupuk organik ini akan menjadi produk andalan desa Luai," tandasnya.* (Jok)  






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar