Tuan Rumah Porwanas XIV 2024, Gubernur Sumbar Perintahkan Jajaran Lakukan Koordinasi

Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah saat menyambut Ketua dan pengurus PWI dan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Sumbar di kediamannya Jalan Sudirman No. 51 Padang, Jumat (28/4/2023) sore. int

INDOVIZKA.COM - Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah menyambut baik penetapan Sumbar sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV tahun 2024.

Hal itu disampaikannya saat menerima pengurus PWI dan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Sumbar di kediamannya Jalan Sudirman No. 51 Padang, Jumat (28/4/2023) sore.

Berdasarkan SK.PWI Pusat No.465/PLP/PP- PWI/2023 yang dikeluarkan tanggal 17 April 2023 diputuskan bahwa Sumatera Barat ditetapkan sebagai tuan rumah Porwanas XIV tahun 2024.

Gubernur Sumbar segera memerintahkan jajarannya yang terkait dengan ini untuk melakukan koordinasi dalam rangka mempersiapkan iven yang diikuti wartawan seluruh Indonesia yang tergabung dengan PWI.

Sebelumnya Sumbar sudah pernah sukses menyelenggarakan iven akbar ini pada 1988. Sumbar dinyatakan sukses menggelar alek besar itu. Kebetulan yang menjadi ketua SIWO waktu itu, Ardi Syarif yang juga wartawan olahraga asal Sumbar.

Pelaksanaan Porwanas akan segera dikoordinasikan dengan top-top organisasi olahraga Sumatera Barat. Sekaligus akan ditetapkan venuenya, tempat cabang olahraga dipertandingkan.

Sumbar dinilai cukup memadai menggelar iven olahraga nasional. Di daerah ini tersedia berbagai fasilitas olahraga seperti sepakbola, futsal, tenis meja, tenis lapangan, badminton, atletik, bridge, biliard dan catur. Selain ada lomba foto dan lain sebagainya. Perjuangan Panjang

Sementara itu, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar mengatakan, penetapan ini resmi setelah PWI Pusat mengeluarkan Surat Keputusan PWI Pusat No: 465-PLP/PP-PWI/2023 tertanggal 17 April 2023, tentang Penetapan PWI Sumbar sebagai tuan rumah pelaksanaan Porwanas 2024.

Menurutnya, penetapan ini merupakan perjuangan panjang yang dilakukan PWI Sumbar dan didukung sepenuhnya oleh Pemprov Sumbar. Usai Porwanas di Malang 2021, sebenarnya yang diproyeksikan menjadi tuan rumah adalah Solo. Saat Rakernas SIWO, calon tuan rumah bertambah Aceh, Kaltim dan Sumbar.

Kami PWI Sumbar terus menggalang dukungan dari provinsi lain agar bisa mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah. Kami juga minta rekomendasi Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar. Rekomendasi itu kami dapatkan, lalu dibawa ke Rakernas SIWO oleh Ketua SIWO Sumbar," jelasnya.

"Proses terus berjalan dan kota Solo yang awalnya menjadi calon kuat perlahan mundur, apalagi hingga rapat koordinasi, awal April, hanya Sumbar yang memiliki dukungan dari pemerintah daerah," ujar Basril Basyar didampingi Sekretaris PWI Sumbar Firdaus Abie dan Ketua SIWO PWI Sumbar Syaiful Husein.

Kami optimistis, sebab sudah dapat dukungan dari Gubernur dan Ketua DPRD Sumbar. Selesai lebaran, PWI Pusat akan datang ke Padang untuk melihat kesiapan sarana serta cabor yang akan diperlombakan," katanya.

Dalam SK tersebut, juga disampaikan agar PWI Sumbar berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar dalam menentukan tanggal pelaksanaan. Meminta PWI Sumbar berkoordinasi membentuk panitia pelaksana daerah dan memberikan laporan kepada PWI Pusat.

Sebelumnya, Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa mengatakan, ada empat daerah yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Porwanas, yakni Solo, Aceh, Kaltim dan Sumatera Barat. Dari empat daerah tersebut, hanya Sumbar yang lebih serius. Hal itu dibuktikan ada surat rekomendasi dari Gubernur H. Mahyeldi dan Ketua DPRD Sumbar Supardi. "Dari empat provinsi yang mengajukan diri, hanya Sumbar yang serius dengan diiringi surat dukungan dari gubernur dan ketua DPRD," ujar Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa.

Ia mengaku salut atas perjuangan yang gigih Sumbar ingin menjadi tuan rumah yang dukung oleh gubernur dan ketua DPRD. "Saya mengucapkan terima kasih dan salut kepada Ketua SIWO PWI Sumbar, Uda Syaiful, Ketua PWI Sumbar, Uda Basril Basyar dan gubernur serta ketua DPRD telah gigih dan berjuang untuk menjadi tuan rumah Porwanas XIV. Selamat buat Sumbar," tambahnya.

Sebenarnya, pada Rakernas SIWO di Medan pada Februari lalu, Solo yang menggebu-gebu mengajukan jadi tuan rumah Porwanas. Namun tidak diiringi keseriusan, karena tidak ada sehelai kertas pun yang diberikan untuk membuktikan keseriusanya ke SIWO Pusat.

"Setelah beberapa kali dikontak dan dikirim WA, namun tidak ada respon sama sekali oleh Ketua SIWO Solo. Terus terang saya menyesalkan tidak ada respon yang sebelumnya menggebu-gebu ingin jadi tuan rumah. Seharusnya kan bisa dibalas, kalau tidak bisa tuan rumah ya bilang aja, kan beres ya?" pungkasnya. (






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar