20 Pegawai Jalani Swab, Layanan Disdukcapil Pekanbaru Tutup Sementara

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Senin (6/7/2020) tutup sementara

PEKANBARU - Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Senin (6/7/2020) tutup sementara. Tidak ada aktivitas di kantor pelayanan yang berada di Komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Sudirman itu.

Di pintu masuk, ada spanduk dengan tulisan "Mulai tanggal 6 Juli sampai 8 Juli 2020 pelayanan di Disdukcapil Ditutup untuk sterilisasi tempat dan personil dari Covid-19. Pelayanan UPTD Dukcapil di kecamatan tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19".

Pantauan wartawan di lapangan, hanya ada beberapa petugas membersihkan lantai kantor. Diketahui, hari ini 20 pegawai menjalani swab test di kantor itu. Swab test dilakukan pasca ada pengunjung yang datang terkonfirmasi positif Virus Corona.

Ada beberapa petugas Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru yang mengambil Swab. Mereka menggunakan Alat Perlindungan Diri (APD) lengkap. Pegawai yang diambil sampel swab juga terlihat di gedung itu. Mereka menggunakan seragam biru khas Tenaga Harian Lepas (THL).

Namun, informasi yang diterima, masih ada kerumunan warga yang datang untuk mengurus administrasi kependudukan. Beberapa datang sejak pukul 04.00 Wib dini hari tadi. Mereka yang datang belum mengetahui informasi bahwa gedung itu sedang dilakukan sterilisasi.

Juru Bicara Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru dr Mulyadi mengatakan, pelayanan di Disdukcapil dihentikan sementara sampai menunggu hasil pemeriksaan swab terhadap para pegawai.

"Pemeriksaan swab dilakukan besok (hari ini), terutama yang berkontak erat dengan Tuan AP (23), karyawan swasta itu. Para pegawai yang bertugas di Disdukcapil yang akan menjalani pemeriksaan swab sekitar 20 orang," kata dr Mulyadi.

Para pegawai itu yang akan diperiksa swab mulai dari petugas yang berjaga di pintu masuk hingga petugas di bagian pelayanan. Petugas pelayanan yang dimaksud yaitu berkontak erat dengan pasien AP saat pelayanan.

"Lokasi pemeriksaan swab belum ditentukan. Kemungkinan, pemeriksaan swab di Kantor Disdukcapil," kata Mulyadi.

Pada Sabtu lalu, seluruh pegawai Disdukcapil Pekanbaru telah melakukan rapid test. "Hasilnya, satu reaktif," ungkapnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar