Vaksin Moderna 100 Persen Efektif untuk Pasien Covid-19 dengan Kondisi Parah

Ilustrasi

INDOVIZKA.COM - Vaksin Covid-19 buatan perusahaan farmasi Amerika Serikat Moderna mempunyai hasil perlindungan yang cukup tinggi terhadap penyakit virus corona baru dan tidak ada bukti efektivitasnya berkurang untuk pasien lansia. Demikian pengumuman hasil penelitian dari uji coba tahap akhir vaksin tersebut.

Moderna mengatakan analisis dari tahap ketiga dari kandidat vaksin bernama mRNA-1273 ini melibatkan 30,000 relawan termasuk 196 kasus Covid-19 dan 30 di antaranya dengan kondisi sudah parah.

Efektivitas vaksin ini mencapai 94,1 persen terhadap penyakit Covid-19 dan 100 persen terhadap kasus parah Covid-19, kata laporan Moderna, seperti dilansir laman the Telegraph, Selasa (1/12).

"Ini luar biasa," kata Dr Paul Offit, anggota komite penasihat Badan Makanan dan Obat-obatan AS (FDA). "Ini data-data yang menakjubkan."

Kepala medis Moderna mengaku dia sampai terbawa emosi ketika melihat data pada Sabtu malam.

"Ini pertama kalinya saya membiarkan saya menangis," ujar Dr Tal Zaks. "Kita punya harapan penuh untuk mengubah kondisi pandemi ini."

Selain itu Moderna mengatakan efek samping suntikan vaksin ini masih bisa ditoleransi dan tidak ada dampak serius yang dilaporkan hingga hari ini.

Moderna kini berencana mengajukan permohonan penggunaan vaksin mereka untuk keperluan darurat kepada (FDA).**

Sumber: Merdeka






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar