Sepanjang 2020 Indonesia Hadapi 3.253 Bencana, Jokowi: Bukan Angka yang Kecil Tapi Cobaan

Presiden Joko Widodo

JAKARTA (INDOVIZKA) - Sepanjang tahun 2020, Indonesia tercatat telah menghadapi sebanyak 3.253 bencana. Karenanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap semua pihak tetap tangguh dan kuat menghadapi setiap cobaan, ujian dan tantangan yang diakibatkan oleh bencana hidrometeorologi maupun geologi.

"Tadi Pak Doni menyampaikan satu tahun kemarin saja kita menghadapi 3.253 bencana, per hari kurang lebih sembilan bencana. Bukan sebuah angka yang kecil tapi cobaan, ujian dan tantangan itu yang harus kita hadapi baik bencana hidrometeorologi maupun geologi," kata Presiden, saat membuka Rakornas Penanggulangan Bencana 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Dijelaskannya angka 3.253 bencana sepanjang tahun 2020, itu diterimanya berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sehingga jika dirincikan dalam satu hari sepanjang tahun 2020, Indonesia menghadapi sembilan bencana bersamaan.

Menurut Jokowi, kunci utama dalam mengurangi risiko bencana terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi. Ia pun selalu menyampaikan berulang-ulang bahwa hal ini sangat penting. Kepala Negara tidak ingin Indonesia terkesan reaktif, artinya baru pontang panting ketika bencana melanda.

"Saya melihat kunci utama dalam mengurangi risiko terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana. Ini yang selalu saya sampaikan berulang-ulan. Pencegahan. Jangan terlambat, ini bukan berarti aspek yang lain dalam manejemen bencana tidak kita perhatikan, bukan itu, tapi jangan juga kita bersifat reaktif saat bencana terjadi, kita harus persiapkan diri dengan antisipasi yang terencana baik," tuturnya.

Dalam pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana 2021, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Selain di Istana, kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh jajaran BPBD.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia menghadapi 3.253 bencana pada 2020, artinya ada kurang lebih sembilan bencana setiap harinya. Angka itu didapatkan Jokowi dari Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.***






Tulis Komentar