Ini Penjelasan BKSDA Terkait Viralnya Video Jejak Harimau di Bengkalis

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Turun Langsung ke Lapangan

INDOVIZKA.COM -  Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau angkat bicara terkait Viralnya video diduga jejak harimau di di Kelurahan Balai Makam, Kecamatam Batin Solapan, Kabupaten Bengkalis. 

Hasilnya, dipastikan bahwa jejak itu bukanlah jejak harimau, seperti yang ditakutkan warga setempat.

''Hasil pemeriksaan tim yang turun, dipastikan  bahwa jejak itu bukan milik harimau,'' terang Kepala BKSDA Riau, Suharyono, Kamis (9/1)2020) siang.

Pengecekan ini, sambung Suharyono, dilakukan empat tim yang diturunkan melihat jejak yang diinformasikan warga tersebut.

Empat orang itu, sebut Suharyono, turun ke lokasi pada Rabu (8/1/2020) dan langsung bergerak untuk mencari langsung kebenaran informasi ke areal pihak PT Darmali. 

''Hasilnya, ternyata tidak ada tanda-tanda keberadaan Harimau Sumatera  di areal PT Darmali tersebut. Bahkan pihak perusahaan menyampaikan bahwa tidak mengetahui adanya video viral di daerah kerja mereka,'' sebut Kakabes.

Lebih lanjut, jejak dimaksud merupakan jejak Tapir yang selalu terlihat mondar mandir di sekitaran PT Darmali.

Maka, agar masyarakat sekitar tenang, tim yang turun langsung melakukan sosialisasi dengan pihak PT Darmali dan masyarakat sekitar.

''Jangan khawatir karena jejak tersebut bukanlah jejak Harimau sumatera,'' ungkap Suharyono.

Menurut Suharyono, bahwa jejak Harimau sumatera dan jejak Tapir memilik persamaan. Bahkan jejak Harimau sumatera dan jejak Anjing benar benar serupa tapi tak sama.

''Diujung jejak Anjing ada yang meruncing dan ukurannya biasanya lebih kecil,'' sebut Suharyono. (HA)






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar