Bupati Inhil Harapkan Peningkatan Prestasi KLA


TEMBILAHAN,(INDOVIZKA) - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan mengharapkan prestasi Kota Layak Anak (KLA) di Inhil harus ada lonjakan lebih tinggi pada tahun 2022.

Hal ini disampaikan pada rapat gugus tugas dalam rangka persiapan penilaian di Aula Kantor Bappeda, Jumat (18/3/22) 

"Kalau tahun 2021 kita baru dapat meraih peringkat pratama, saya harapkan pada tahun 2022 ini bisa melonjak ke peringkat lebih tinggi yaitu predikat Madya, Nindia atau Utama. Untuk mewujudkan itu kita harus meningkatkan kinerja kita dan memberikan inovasi dalam hal pemenuhan hak anak, penguatan kelembagaan di lingkup Pemerintahan, lembaga masyarakat, dunia usaha dan media yang lebih aktif lagi dan lebih mengembangkan jejaring kerja sama dan komitmen oprasional kebijakan layak anak," kata Wardan.

Wardan mengingatkan agar seluruh OPD terkait dapat memahami tujuan KLA ini agar dapat menyatukan persepsi dan langkah-langkah yang akan dilakukan. 

"Tujuan KLA itu untuk mewujudkan  pembangunan yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam membuat kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak," ucapnya. 

Lebih lanjut dikatakan, ia memastikan agar anak di Inhil mendapatkan informasi yang benar-benar mereka butuhkan dan sesuai dengan kepentingan terbaik bagi anak. 

“Misalnya, sebelum OPD/Pelaku usaha/ Sekolah dan seluruh Organisasi  menyampaikan informasi kepada publik, pastikan informasi tersebut layak bagi anak dan ada informasi yang dikhususkan untuk anak. Informasi layak bagi anak berarti informasi yang tidak membahayakan bagi anak, tidak mengandung unsur kekerasan, pornografi, isu SARA, dan lainnya," pungkasnya.

Terakhir, ia menjelaskan pemberi informasi harus memberikan pemahaman apa saja informasi yang baik, sehingga anak bisa menyaring dan memilah sendiri berbagai informasi yang diterimanya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar