Peringatan Hari Ikan Nasional 2020

13 Desember, KCRI Agendakan Kontes Ikan Cupang di Tembilahan


INDOVIZKA.COM- Komunitas Cupang Rawa Inhil (KCRI) mengagendakan penyelenggaraan Indragiri Betta Contest. Kontes ikan cupang hias ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional Tahun 2020.

Indragiri Betta Contest rencananya akan digelar pada 13 Desember 2020 di gedung Tasik Gemilang, Tembilahan dengan waktu pelaksanaan mulai 08.00 WIB - 16.00 WIB. Kontes dengan menerapkan protokoler kesehatan Covid-19 kali ini mengusung tema "Mengeksplorasi Ikan Cupang Hias Inhil".

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Indragiri Betta Contest, Rahman Arif, kontes ikan cupang ini digelar sebagai bentuk kepedulian terhadap pentingnya pemeliharaan ikan hias yang baik dan upaya mengkampanyekan ikan hias sesungguhnya.

"Ada banyak manfaat yang bisa kita ambil atas penyelenggaraan kontes ikan cupang ini nanti. Salah satunya adalah memperkenalkan Ikan cupang hias di Indragiri Hilir dan sekitarnya melalui sosial media & Komunitas Pencinta Ikan cupang Hias agar menjadi perhatian masyarakat," jelas Rahman, Selasa (3/11/2020) malam melalui keterangan tertulis.

Manfaat kedua, diungkapkan Rahman, adalah memperkuat potensi Ikan cupang hias di Indragiri disisi pemasaran. Selanjutnya, ialah meningkatnya nilai ekonomis ikan cupang hias di Indragiri Hilir Khususnya.

"Sejumlah manfaat ini lah yang kita harapkan menjadi impact setelah adanya kontes ikan cupang Indragiri Betta Contest," tutur Rahman.

Sementara, Rahman menuturkan, tujuan dari penyelenggaraan kontes ikan cupang adalah untuk mengedukasi pecinta ikan hias lokal Indragiri, dan mempersatukan para pecinta ikan cupang hias Kabupaten Indragiri Hilir.

"Dewasa ini Peminat pemelihara ikan hias semakin tinggi namun sayang pengetahuan dasar tentang pemeliharaan ikan hias ditengah masyarakat sangatlah rendah, hal ini menyebabkan berbagai macam ikan hias yang memiliki nilai tinggi harus berakhir karena ketidaktahuan pemiliknya," jelas Rahman.

Untuk diketahui, bagi pemenang kontes ikan cupang Indragiri Betta Contest akan diberikan hadiah berupa uang pembinaan. Para peserta juga diwajibkan menyerahkan uang pendaftaran untuk mengikuti kontes sebesar Rp. 30.000,-.

Terdapat beberapa kategori yang akan diperlombakan dalam ajang kontes Indragiri Betta Contest. Adapun kategori tersebut ialah sebagai berikut:
A. Plakat
- Solid Colour
- Dark Iridantion
- Multycolour
- Marble/Grizle
- Butterfly/BI – Colour

B. Halfmoon
- Solid Colour
- Marble/Grizle
- Butterfly/Bi-Colour

C. Crowntail/Serit
- Solid Colour
- Mascot

D. Plakat Junior
- Solid Colour
- Dark Iridantion
- Multycolour
- Marble/Grizle
- butterfly/Bi-Colour

E. AOC
- Black Star Galaxy
- PK Fancy 
- Hellboy
- Pk samurai
- Hm Open
- CT open






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar