Pencari Suaka di Pekanbaru Tuntut Kejelasan Nasib ke Kemenkum HAM


JAKARTA (INDOVIZKA) - Sejumlah pencari suaka asal Timur Tengah mendatangi kantor Kanwil Kementerian Hukum (Kemenkum) HAM Riau di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Selasa (11/1). Massa berjalan kaki dari lokasi pengungsian sambil membawa spanduk yang berisi tuntutan.

Di Kantor Kemenkum HAM Riau, mereka membentangkan spanduk tuntutan. Hujan yang turun tidak menurunkan semangat mereka menggelar aksi damai. Salah satu poin tuntutan mereka adalah mengenai kejelasan nasib, setelah 10 tahun berdomisili di Pekanbaru.

"Mereka berharap negara tujuan bisa menampung mereka," kata Kepala Kanwil Kemenkum HAM Riau, Pujo Harinto kepada wartawan.

Pujo mengaku untuk memberi bantuan atas tuntutan mereka. Karena harapan para imigran merupakan persoalan kelangsungan hidup keluarga mereka. Setelah aspirasi mereka diterima, para imigran membubarkan diri. Mereka berharap segera dapat tempat tinggal baru.

Menurut Pujo, keinginan para imigran selama ini terkendala semakin banyaknya yang datang dari Afghanistan. "Pihak ketiga terkendala adanya kedatangan para imigran secara terus menerus," ucap Pujo.

Pujo mengatakan, untuk bantuan hukum yang diminta imigran sudah ada dari pihak UNHCR. Apalagi tuntutan tempat tinggal layak huni juga sudah difasilitasi. Pujo menyampaikan, total imigran dari Afghanistan di Riau 919 orang.

"Kami sudah survei ke tempat tinggal mereka, tentunya layak. Mereka bisa masak sendiri. Kalau soal pendidikan ada semua," jelasnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar