18 Mei, Penerapan PSBB di Bengkalis Mulai Efektif

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bengkalis Tajul Mudaris.

BENGKALIS –  Bengkalis secara efektif baru akan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Senin mendatang (18/5/2020). Menjelang penerapan PSBB tersebut, Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 secara kontinu melaksanakan sosialisasi ke masyarakat dan stakeholder lainnya.

Hal ini disampaikan Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bengkalis Tajul Mudaris, Sabtu (16/5) pagi. 

“Untuk beberapa hari ini mulai tanggal 15 sampai 17 Mei ini pemerintah Bengkalis baru melalukan sosialisasi penerapan PSBB baik kepada masyarakat maupun stake holder lainya,” ujar  Tajul.

Dikatakan, kalau tidak ada perubahan pada hari Minggu (17/5/2020) Tim Gugus dipimpin langsung Ketua tim Plh Bupati akan melakukan sosialisasi secara masif dan simulasi penerapan Perbup PSBB ini. Dimana rencananya Perbup PSBB Bengkalis baru akan ditanda tangani Plh Bupati hari ini.

"Nanti kalau sudah ditanda tangani akan kita sampaikan kepada masyarakat. Dalam Perbup tersebut berisikan apa saja yang harus dipatuhi oleh masyarakat selama pelaksanaan PSBB di Bengkalis.

Dalam aturan yang sudah dirumuskan juga akan ada sanksi bagi masyarakat yang melanggar aturan PSBB. Dimana sanksi berupa teguran tertulis, namun sejauh ini di dalam darf tidak ada sanksi pidana yang akan diterapkan. 

Meskipun akan diterapkan mulai Senin secara efektif pelaksanaan PSBB Bengkalis, Sekretaris tim gugus tugas berharap masyarakat Bengkalis tidak panik dalam masa PSBB mulai 18 Mei besok. Masyarakat masih bisa beraktifitas seperti biasa, namun tetap menjaga dan imbauan pemerintah yang tertuang dalam Perbup PSBB nantinya.

Beredar Draft Perbup          

Pada Sabtu (16/5/20) ini beredar draft Peraturan Bupati terkait  pelaksanaan PSBB. Draft tersebut belum dibuat tanggal dan belum ditandatangani oleh Plh. Bupati Bengkalis. Kemudian ada beberapa isi dari draft Perbup teresebut yang salah.

"Sangat disayangkan draft itu beredar, pada lampiran pertama, Kabupaten Bengkalis tidak ada kantor wilayah atau kanwil setingkatnya. Jadi draft yang beredar itu adalah salah," tegas Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri saat dikonfirmasi, Sabtu (16/5/2020) siang.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar