Elektabilitas PKB Tiga Besar, Pengamat: Bukti Muhaimin Berhasil

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

JAKARTA, (INDOVIZKA) - Hasil survei Charta Politika terbaru menunjukkan elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di peringkat ketiga. PKB mengejar elektabilitas PDI Perjuangan di peringkat pertama dan Partai Gerindra di urutan kedua.

Pengamat politik Indekstat, Rikola Fedri, menilai naiknya elektabilitas PKB tak lepas dari keberhasilan Muhaimin Iskandar memimpin partai yang dilahirkan ormas terbesar, yakni Nahdlatul Ulama. Sejak kepemimpinan Muhaimin, PKB terus mengalami trend positif.

"Naiknya pamor PKB disurvei tidak lepas dari kepiawaian Muhaimin memimpin PKB selama ini. Dia mampu membuat partai stabil dan pelan-pelan secara pasti terus menyodok ke 3 besar," ujar Riko, Kamis, 12 Agustus 2021.

Menurut Riko, bila dibandingkan dengan hasil survei lembaga lain yang lebih dulu melakukan survei, PKB tetap konsisten di tiga besar. Artinya, kinerja atau pelayanan PKB terhadap masyarakat cukup diterima dengan baik.

"Ini hasil survei tentang PKB selalu konsisten dibandingkan dengan hasil survei sebelumnya," kata Riko.

Menurutnya, secara obyektif ini menunjukkan PKB di bawah kepemimpinan Muhaimin dapat memenuhi harapan publik. "Naiknya elektabilitas PKB juga bisa dipahami dari perspektif ini. Artinya PKB solid di bawah Ketum Muhaimin," katanya.

Di sisi lain, menurut Sekjen PKB, Hasanuddin, apa pun hasil surveinya, Ketua Umum selalu memerintahkan agar semua kader memberikan yang terbaik untuk rakyat, bekerja sebaik-baiknya secara istikamah, ajek, konsisten dalam melayani rakyat, bukan untuk menaikkan survei tapi benar-benar mewujudkan ideologi dan nilai perjuangan PKB untuk mewujudkan kedaulatan dan kesejahteraan rakyat dan seluruh tumpah darah Indonesia

Survei Charta Politika ini dilakukan tatap muka dengan metode multistage random sampling pada periode 12-20 Juli 2021. Jumlah responden dalam survei ini 1.200 orang dari seluruh wilayah Indonesia, dengan margin of error 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden dipilih secara acak dengan kriteria minimal 17 tahun atau sudah memenuhi syarat pemilih. Unit sampling primer survei ini adalah desa/kelurahan, dengan jumlah sampel masing-masing 10 orang di 120 desa/kelurahan yang tersebar di Indonesia.

Berikut ini hasil survei Charta Politika:
PDIP: 22,8 persen
Gerindra: 17,5 persen
PKB: 9,4 persen
PKS: 6,8 persen
Demokrat: 6,6 persen
Golkar: 6,6 persen
NasDem: 4,8 persen
PPP: 2,3 persen
PAN: 1,7 persen
PSI: 1,2 persen
Perindo: 0,7 persen
Partai Gelora: 0,3 persen
Partai Hanura: 0,3 persen
Partai Ummat: 0,2 persen
PKPI: 0,1 persen
PBB: 0,1 persen
Partai Berkarya: 0,1 persen
Tidak tahu/tidak jawab: 0,1 persen






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar